Dampingi Erwin, Gabril Majid Terpilih Sekjen Asosiasi LPPL Radio-TV Nasional

 

Fokus Grup Discussion dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke II

Asosiasi Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL)
Radio-TV Nasional tahun 2019 digelar selama dua hari (28 Februari – 1 Maret 2019) dengan salah satu agendanya pemilihan dan menentukan Sekretaris Jenderal (Sekjen) karena selama ini mengalami kekosongan akibat Sekjen yang terpilih saat
Rakornas I di Banyuasin tahun lalu mengundurkan diri.

Setelah melalui proses diskusi yang diikuti oleh kurang lebih 169 Kabupaten/Kota se-Indonesia atau sekitar 300 orang peserta, akhirnya disepakati untuk menunjuk dan menentukan Sekjen secara aklamasi, yaitu Gabriel Majid yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kemudian, pada malam harinya, juga sekaligus dilakukan pengukuhan para pengurus Asosiasi LPPL Radio-TV Nasional oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalama Negeri, Dr. Soni Sumarsono, MDM.
Termasuk juga dalam struktur kepengurusan Asosialsi LPPL Radio-TV Nasional, Direktur utama Rapemda Pringsewu, M. Rizal, SE. sebagai koordinator wilayah Sumatera juga Kuddus Heriyanto, SH. ketua Dewan Pengawas Rapemda sebagai ketua bidang integrasi konsultasi publik.

Dirjen Otonomi Daerah, Dr. Soni Somarsono, MDM. pada kesempatan ini juga memberikan arahan kepada para peserta tentang tujuan dari LPP dan bagaimana proses pengelolaan yang seharusnya dilakukan. Pihaknya juga mendorong kepada para direktur atau kepala LPPL yag hadir untuk selalu membuat terobosan-terobosan baru dalam bentuk program siaran yang inovatif.

sesuai dengan perkembangan zaman. Misalnya terkait dengan perkembangan teknologi informasi radio juga harus dapat mengikutinya, dengan membuat siaran di berbagai channel media sosial serta radio streaming.

“Di Era Globalisasi Radio perlu inovasi dari berbagai bidang seperti infrastruktur, kontennya, hiburannya Jenis informasi yang perlu dikembangkan tidak hanya pemerintah daerah Masyarakat juga perlu peduli kelangsungan dari media kreatif ini”, harapnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini Sekretaris Jenderal, Kementerian Komifo, Dra. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si. dan menyampaikan prinsip-prinsip dasar LPP
yang harus memberi pelayanan pada seluruh lapisan masyarakat, menyajikan konten siaran yang berbeda dengan LPS, menyampaikan nilai-nilai kebangsaan, budaya, dan identitas nasional.

Selain itu juga harus memperhatikan kelompok minoritas, dan tentunya harus membuat program siaran yang berkualitas tinggi.

Niken Menambahkan dengan adanya penyiaran ini bertujuan untuk meneguhkan Keindonesiaan dan 4 Konsensus Nasional (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika).
“Jadi Isi Penyiaran itu mencerminkan Nilai-nilai Kebangsaan Indonesia”, pungkasnya.

Sementara itu, menurut Erwin Ibrahim, Ketua Asosiasi LPPL Radio-TV Nasional dengan adanya
asosiasi ini salah satu tujuannya agar menjadi sarana menjalin silaturahmi antarpengurus LPPL se-Indonesia.

” LPPL Bertujuan untuk Menyambung tali silaturahmi kepengurusan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL), Mengukuhkan kepengurusan LPPL radio Televisi Se-Indonesia, merumuskan serta focus discussion Tentang tata cara menangkal Hoax serta siaran ke berbagai jejaringan”, harapnya.(jian)

Leave a Reply