Lomba Kelompok Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA, Pandansari Selatan Wakili Pringsewu

SUKOHARJO – Pekon Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo, mewakili Kabupaten Pringsewu pada penilaian lomba kelompok asuhan mandiri pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Akupresure tingkat Provinsi Lampung 2019.

Terkait hal tersebut, tim penilai dari Provinsi Lampung, dipimpin Uki Basuki, S.K.M., M.Kes. meninjau Pekon Pandansari Selatan, Selasa (25/6), guna melakukan penilaian lapangan. Tim disambut dan diterima oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A. didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Hj.Nurrohmah Sujadi dan Wakil Ketua Hj.Rita Irviani Fauzi, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Andi Wijaya, S.T., M.M. beserta sejumlah kepala OPD terkait, camat dan uspika Sukoharjo, kepala pekon dan tokoh masyarakat setempat.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A. saat menyampaikan ucapan selamat datang dan kata sambutan mengatakan pelaksanaan kegiatan pengasuhan mandiri pemanfaatan tanaman obat keluarga dan akupresure di Kabupaten Pringsewu dilaksanakan di kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari keluarga binaan yang difasilitasi oleh para kader dan dibina oleh puskesmas maupun pemerintah daerah.

Menurutnya, penyelenggaraan asuhan mandiri kesehatan tradisional sebagai pendekatan keluarga sehat, dapat menjadi potensi yang sangat besar, selain mendorong masyarakat untuk mandiri dalam memelihara kesehatannya, juga akan mengurangi konsumsi obat konvensional.
“Untuk itu diperlukan penguatan peran puskesmas dalam mendukung upaya promotif dan preventif guna terimplementasinya pendekatan keluarga dalam membangun kesadaran dan kebiasaan pola hidup sehat,” katanya.

Wabup juga mengharapkan upaya pengembangan pelayanan kesehatan tradisional yang berstandar dapat memberikan alternatif pengobatan yang aman bagi masyarakat, sekaligus dapat mempertahankan budaya leluhur bangsa terutama di bidang kesehatan tradisional. (*/Anton Hapsara/ Hyn)

Leave a Reply