PRINGSEWU MENDAPATKAN PROGRAM KEJUARAAN GALA DESA TAHUN 2017 DARI KEMENPORA

PRINGSEWU – Kabupaten Pringsewu mendapatkan program kejuaraan Gala Desa tahun 2017 dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Memperlombakan enam cabang olahraga (cabor).

Pembukaan berlangsung Sabtu (7/10) di lapangan Pekon Waringinsari Barat, Kecamatan Sukoharjo‎, oleh Bupati Pringsewu H.Sujadi. Dan secara simbolis dilakukan tendangan bola pertama pada pertandingan sepak bola pelajar putri oleh Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahrga Kemenpora DR.Raden Isnanta.


‎Lalu Raden Isnanta juga melakukan tendangan kearah gawang kiper, dan secara bergilir juga dilakukan oleh Bupati Pringsewu H.Sujadi, Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung Hanibal, Ketua DPRD Pringsewu H.Ilyasa dan diakhiri tendangan oleh Kadis Porapar Pringsewu Samsir Kasim.

Bupati Pringsewu H.Sujadi pada sambutan pembukaan sangat mendukung dan memberi apresiasi atas kepercayaan Kabupaten Pringsewu untuk menggelar pertandingan Gala Desa tingkat kabupaten 2017 tersebut.‎”Atas nama Pemkab Pringsewu saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan tersebut,”ucapnya.

Menurutnya event ini sangat positif sekali, sebab selain sebagai ajang untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan serta jalinan silaturahmi diantara sesama atlit kususnya, juga yang terpenting menjadikan momen untuk kembali menggelorakan, memasyarakatkan dan membudayakan olahraga ‎sebagai sarana menjaga kesehatan dan kebugaran.



“Juga sekaligus menjaring bibit atlit berprestasi yang kelak akan lahir para juara yang akan membawa nama harum Kabupaten Pring‎sewu ini,‎”harapnya.

Bupati Pringsewu mengingatkan kepada para atlit peserta Gala Desa ‎agar dalam bertanding tetap menjunjung dan mengedepankan rasa sportifitas yang tinggi.”Begitu juga kepada tim wasit dan juri juga harus adil dan independen dengan tidak memihak kepada siapapun,”pinta Sujadi.

Kesempatan itu Deputi 3 Bidang Pembudayaan‎ Olahraga DR.Raden Isnanta menjelaskan, bahwa Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu dari 136 kabupaten/kota di 34 provinsi se-Indonesia yang mendapat program Ayo Olahraga dari Kemenpora RI.”Yakni dengan merealisasikan kejuaraan Gala Desa tingkat kabupaten tahun 2017,”terangnya.

Dengan mempertandingkan enam cabor diantaranya, sepak bola, atletik, sepak takrau, bulu tangkis, tenis meja dan bola volley.

Menurutnya, perlombaan Gala Desa bertujuan untuk menambah kebugaran dan kesehatan masyarakat. Serta untuk mencari bibit atlit usia dini dari kalangan masyarakat dipelosok desa.

“Jika terlihat berpotensi maka akan dijadikan sebagai atlit profesional, yang bakal membawa nama harum daerahnya dikancah nasional, bangsa bahkan dikancah internasional,‎”ungkap Raden Isnanta.

Sebelumnya Kepala Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pringsewu melaporkan, bahwa keenam cabor itu dilaksanakan menyebar ditiga kecamatan, seperti cabor sepak bola dipusatkan di Lapangan Pekon Waringinsari Barat, sepak takraw di Pekon Sukoharjo III dan Bola Volley di Pekon Waringin Sari Barat, Kecamatan Sukoharjo.

“Untuk cabor Tenis meja dan bulu tangkis di Pekon Gadingrejo‎ Kecamatan Gadingrejo. Cabor Atlertik di lapangan Pekon Totokarto, Kecamatan Adiluih,”jelasnya.

‎Samsir Kasim menambahkan, pihaknya bertekad dan berkomitmen untuk lebih membangkitkan dan memajukan lagi kegiatan olahraga di Kabupaten Pringsewu ini.”Hal itu sesua moto olahragawan Kabupaten Pringsewu, Mengukir Prestasi Tiada Henti,”imbuhnya.

Sementara itu, usai membuka agenda perlombaan Gala Desa, Deputi ‎3 Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta didampingi Bupati Sujadi serta rombongan menyempatkan singgah ke Padepokan Gajah Lampung di Pringsewu yang menjadi pusat latihan angkat besi dan angkat berat.

Rombongan diterima oleh Imron Rosadi selaku pelatih Padepokan Gajah Lampung.

Menurut Raden Isnanta, pihaknya hanya sekedar mampir untuk melihat langsung padepokan Gajah Lampung yang sudah terkenal hingga dunia.”Mumpung berada di Pringsewu ini, sekalian mampir ingin melihat langsung Padepokan Gajah Lampung,”sabtu, (7/10/2017) (Sumber : Humas Pemkab Pringsewu/ Atok)

Leave a Reply