Bupati Pringsewu Resmikan IPAL Komunal

PRINGSEWU – Sebanyak 6 Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) Komunal dari Program Sanitasi Berbasis Masyarakat – Islamic Development Bank (Sanimas-IDB) 2017 di Pringsewu, diresmikan oleh Bupati Pringsewu Hi.Sujadi di Dusun Podorejo, Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu, Selasa (9/1).

Ke-enam IPAL tersebut, masing-masing berlokasi di Kelurahan Pringsewu Timur, Pekon Rejosari, Pekon Margakaya dan Pekon Bumiayu, kesemuanya di Kecamatan Pringsewu, serta di Pekon Tanjunganom dan Pekon Sumberagung, keduanya di Kecamatan Ambarawa.

Peresmian ditandai dengan prosesi pemotongan pita dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti serta pelepasan balon oleh Bupati Pringsewu Hi.Sujadi.

Bupati Pringsewu Hi.Sujadi dalam sambutannya berharap setelah diresmikannya keenam IPAL Komunal tersebut, dapat mengurangi permasalahan sanitasi yang ada di Pringsewu, sekaligus dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Pringsewu.

Bupati Pringsewu juga mengharapkan peran aktif masyarakat dalam menjaga dan merawat fasilitas tersebut.

“Manfaatkan dengan sebaik mungkin IPAL Komunal ini,” harapnya.

Lebih lanjut dikatakan bupati, ruang lingkup program Sanimas IDB diprioritaskan pada penyediaan sarana sanitasi masyarakat yang meliputi IPAL Komunal dengan sistem perpipaan atau kombinasi IPAL Komunal dengan sistem perpipaan dan MCK.

“Pada 2017 lalu Pringsewu mendapatkan enam titik IPAL Komunal yang kita diresmikan pada hari ini. Pada 2018 ini, lnshaa Allah kita akan mendapatkan lagi sebanyak 20 titik yang akan disebar di sejumlah kecamatan lainnya,” ungkapnya. (© Humas Pemerintah Kabupaten Pringsewu / Isnanto Hapsara Anton Hapsara / Atok)

Leave a Reply