BUPATI PRINGSEWU HADIRI KONFERENSI SANITASI DAN AIR MINUM NASIONAL

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
03 Desember 2019
128 Kali Dilihat


JAKARTA - Bupati Pringsewu Sujadi menghadiri Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional yang dibuka oleh Wakil Presiden RI KH.Ma'ruf Amin di Hotel Kempinsky Jakarta, Senin (2/12/19). Pada kesempatan tersebut, Bupati Pringsewu juga didampingi Kadis PUPR Andi Purwanto, Kadis Kesehatan Purhadi, dan Kepala Bappeda Relawan.

Konferensi Sanitasi & Air Minum Nasional 2019 mengangkat tema 'Menuju Layanan Sanitasi & Air Minum Yang Aman, Inovatif Dan Berkelanjutan Untuk Semua', yang merupakan advokasi 2 tahunan yang digagas oleh Pokja Pembangunan Perumahan Pemukiman Air Minum & Sanitasi Nasional, dengan peserta berasal dari para kepala daerah gubernur dan bupati atau walikota, para dubes, akademisi, ormas dan para pemangku kepentingan.

Dalam sambutannya, Wapres KH.Ma'rufAmin mengatakan sanitasi dan air minum yang aman merupakan persoalan krusial bagi Indonesia, dimana indikator negara maju terlihat salah satunya ketersediaan sanitasi dan air minum yang aman. Dua persoalan tersebut (sanitasi dan air minum), kata wapres, menjadi penyebab kemiskinan di Indonesia. "Ketiadaan sanitasi dan air bersih merupakan awal muncul datangnya masalah kesehatan seperti stunting yang saat ini menjadi prioritas pemerintah," katanya.

Namun demikian, ia meyakini, melalui pengaturan dan pengelolaan yang baik, penyediaan air minum aman melalui SPAM untuk masyarakat dengan skema kerjasama investasi pemerintah dengan pihak lain secara keekonomian dapat dilakukan, dan dapat menjadi solusi perluasan cakupan layanan air minum yang aman bagi masyarakat. (*/ ∆nton Hapsara/hyn)



Post Terkait





Kategori