KANTOR BAHASA PROVINSI LAMPUNG MENGADAKAN PENYULUHAN DI PRINGSEWU

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
19 September 2019
212 Kali Dilihat


PRINGSEWU - Kantor Bahasa Provinsi Lampung mengadakan penyuluhan 'Pemartabatan Bahasa Negara di Ruang Publik'. Kegiatan yang digelar selama 3 hari (19-21 September 2019) ini dibuka oleh Sekdisdikbud Kabupaten Pringsewu Rustiyan, M.Pd. di  Hotel Urban, Pringsewu, Kamis (19/9/19). Penyuluhan ini diikuti para perwakilan OPD dan perusahaan reklame di Kabupaten Pringsewu, menghadirkan pemateri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Kantor Bahasa Provinsi Lampung.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Dra.Yanti Riswara, M.Hum., mengatakan tujuan diselenggarakannya penyuluhan ini adalah untuk mengimplementasikan beberapa undang-undang, diantaranya UUD 1945, UU No.24 Tahun 2009, dan PP No.57 Tahun 2014.

Dikatakan, bahasa Indonesia sebagai bahasa negara yang telah mempersatukan seluruh rakyat Indonesia, adalah bahasa yang harus diutamakan terutama dalam penyelenggaraan pemerintahan dan penggunaan di ruang publik. "Bahasa Indonesia secara resmi menjadi bahasa nasional pada 28 Oktober 1928. Usianya yang masih terbilang muda, menyebabkan pemahaman yang baik belum maksimal dan optimial," katanya.

Lebih lanjut dikatakan Yanti bahwa kondisi ruang publik saat ini sudah dipenuhi dengan bahasa asing yang tidak terkendali. "Padahal kita memiliki bahasa resmi yakni bahasa Indonesia. Untuk itulah, perlunya dilakukan sosialisasi maupun pelatihan terkait penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dimana Kantor Bahasa memiliki tugas dan tanggung jawab untuk itu," katanya. (*/ Humas & Protokol Pemkab Pringsewu / Isnanto Hapsara, A.Md./hyn)



Post Terkait

SELAMAT & SUKSES..
20 Oktober 2019




Kategori