PEMKAB PRINGSEWU IKUTI DIALOG VIRTUAL DENGAN PEMPROV LAMPUNG TERKAIT PROGRAM KARTU PETANI BERJAYA

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
28 Januari 2021
949 Kali Dilihat


PRINGSEWU – Bupati Pringsewu H. Sujadi mengikuti Dialog Virtual dengan Gubernur Lampung Ir.H Arinal Djunaidi dalam rangka  Sosialisasi  Program Kartu Petani Berjaya (PKPB), Kamis (28/01/2021). Acara ini diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Tampak hadir mendampingi Bupati Pringsewu dalam acara tersebut, Kepala Bappeda, Kadis Kominfo, Kadis Pertanian, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Perikanan, Kadis PMP, Kadis Dukcapil, dan Kabag Perekonomian.

Program Kartu Petani Berjaya (PKPB) adalah suatu program yang menghubungkan semua kepentingan pertanian seperti supplier, distributor, perbankan, petani, pembeli, dan pemerintah provinsi dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani serta semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama.

Program Kartu Petani Berjaya (PKPB) ini merupakan salah satu program kerja Gubernur Lampung dalam upaya mensejahterakan rakyat Lampung dengan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan para petani yang dibutuhkan seperti penyediaan benih, bibit, pupuk bersubsidi, pestisida, jaminan asuransi, penanganan panen dan pasca panen, ketersediaan teknologi pertanian, permodalan, serta manajemen resiko usaha tani  dengan tujuan untuk peningkatan produksi dan produktifitas, adanya peningkatan efisiensi usaha tani, peningkatan keuntungan usaha tani, dan juga peningkatan nilai tukar petani. Upaya implementasi PKPB mengalami perlambatan selama masa masa pandemi Covid-19. Pergerakan PKPB kembali menggeliat sejak bulan Agustus 2020. Pada tanggal 6 Oktober 2020 PKPB telah di-launching oleh Pemerintah Provinsi Lampung di Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah yang dihadiri oleh Menteri Pertanian RI.

Sedangkan di Kabupaten Pringsewu sendiri Program Kartu Petani Berjaya (PKPB) telah di-launching pada tanggal 01 Desember 2020 oleh Gubernur Lampung Ir.H Arinal Djunaidi yang berlangsung di Taman Tirta Asri Pekon Sriwungu Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu.
Program Kartu Petani Berjaya (PKPB) sebagai lokus awal di Kecamatan Gadingrejo memiliki 6.631 NIK yang tergabung dalam kelompok tani telah membuat e-RDKK (elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) dan telah terealisasi dalam aplikasi sistem PKPB sebanyak 3.227 NIK. Dalam perkembanganya kartu KPB berkembang di Kecamatan Banyumas dan telah terigistrasi sehingga sampai saat ini jumlah terigistrasi PKPB sebanyak 5.889 NIK.

Percepatan pelaksanaan program kartu petani berjaya melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu telah membentuk Tim Percepatan Program KPB yang mempunyai tanggungjawab sampai pelaksanaan transaksi di 9 (sembilan) kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu dan diharapkan pada Tahun 2021 semua kecamatan sudah melaksanakan Program Kartu Petani Berjaya (PKPB).

Gubernur Lampung  menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung  berkomitmen untuk terus membangun insfrastuktur dan berupaya  memajukan kesejahteraan rakyat Lampung di bidang pertanian, peternakan, dan nelayan. Dengan demikian diharapkan kedepan perekonomian rakyat akan meningkat. “Saya minta kepada seluruh Bupati/Walikota untuk menyiapkan lahan dan betul-betul meningkatkan  Kartu Petani Berjaya di daerah masing-masing, sehingga kedepan bisa mewujudkan petani yang sejahtera menuju Lampung Berjaya,” ujar Arinal.

Untuk pembangunan infrastruktur  yang belum terselesaikan, Gubernur Lampung mengatakan bahwa pembangunannya akan dilaksanakan pada Tahun 2022 secara bersamaan untuk menunjang kemajuan perekonomian dan meningkatkan produksi pertanian masyarakat. Gubernur pun berharap kedepannya Lampung dapat menjadi provinsi percontohan.

Pewarta : Dedi Kurniawan
Editor : Tri Lestari
Copyright @ Diskominfo Kabupaten Pringsewu



Post Terkait





Kategori