Pemkab Pringsewu Sosialisasikan Perda Kabupaten Pringsewu No. 06 Tahun 2022

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
18 November 2022
126 Kali Dilihat


PRINGSEWU - Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Setdakab Pringsewu Drs. Samsir Kasim, M.Pd.I., Membuka Sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomer 06 Tahun 2022 Tentag Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, di Hotel Regency Kabupaten Pringsewu, Jumat (18/11/2022).

Pada kesempatan ini turut dihadiri oleh Kadis PUPR Imam Raharjo, S.Si., Kaban Pol PP Ibnu Harjiyanto, S.Pd., Kadis PMPSTP Ihsan Hendrawan, S.H., dan para peserta sosialisasi.

Sambutan tertulis Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, S.E., M.M., yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Samsir Kasim mengatakan, dengan disosialisasikannya peraturan daerah ini, saya yakin akan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat Kabupaten Pringsewu tentang pentingnya meningkatkan pendapatan asli daerah melalui retribusi daerah. Hal ini mengingat akan pentingnya peraturan terkait bangunan gedung yang harus dilaksanakan oleh kita semua khususnya masyarakat Kabupaten Pringsewu.

Seperti kita pahami bersama, berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung mengamanatkan kepada kita semua untuk mewujudkan bangunan gedung yang fungsional dan sesuai tata bangunan gedung yang serasi dan selaras dengan lingkungannya, mewujudkan tertib penyelenggaraan bangunan gedung yang menjamin keadaan teknis bangunan gedung dari segi keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan, serta mewujudkan kepastian hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung.

Adapun maksud dan tujuan dari Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor 06 tahun 2002 tentang Retribusi Persetujuan Pembangunan Gedung tersebut adalah dalam pungutan daerah sebagai pembayaran atas kegiatan tertentu. Pemerintah daerah memberikan izin kepada orang pribadi atau badan untuk pembinaan, pengaturan, pengendalian dan pengawasan atas kegiatan pemanfaatan ruang, penggunaan sumber daya alam, guna melindungi kepentingan umum dalam menjaga kelestarian lingkungan. (Diskominfo Pringsewu)



Post Terkait





Kategori