Pj. Bupati Lantik Pimpinan BAZNAS Pringsewu 2022-2027

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
30 November 2022
88 Kali Dilihat


PRINGSEWU - Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pringsewu 2022-2027 dilantik oleh Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Rabu (30/11/22). Mereka yang dilantik yakni Ketua Dr.Ir.H.Mahri Ibrahim, M.Pd., Wakil Ketua I A.Rifa'i, S.Pd., M.Pd. dan Wakil Ketua II Oki Herawan, S.Ag.

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pimpinan BAZNAS Kabupaten Pringsewu 2022-2027, dan berharap dengan pelantikan tersebut dapat lebih meningkatkan kinerja, sehingga keberadaannya dapat dirasakan masyarakat.

Dikatakan, BAZNAZ adalah lembaga resmi dan satu-satunya yang dibentuk pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No.8 Tahun 2001, yang memiliki tugas dan fungsi untuk menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh. Seiring lahirnya Undang-undang No.23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, semakin mengukuhkan peran BAZNAZ sebagai lembaga yang berwenang mengelola zakat secara nasional. "Dalam Undang-undang tersebut, BAZNAZ dinyatakan sebagai lembaga pemerintah non-struktural yang bersifat mandiri. BAZNAS juga merupakan instrument penting untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat," katanya.

Sesuai Surat Edaran Gubernur Lampung No.045.2/080/2/2022 tentang Gerakan Cinta Zakat, pihaknya berharap seluruh kepala perangkat daerah di Kabupaten Pringsewu untuk mengajak seluruh ASN Pemkab Pringsewu guna menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS. "Sebab, target besar BAZNAS Kabupaten Pringsewu adalah menghimpun zakat ASN di Kabupaten Pringsewu untuk umat di Kabupaten Pringsewu," tandasnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Provinsi Lampung Dr.H.Iskandar Zulkarnain, M.H. pada acara pelantikan yang dihadiri anggota DPRD Pringsewu Sudiyono, Sekda Pringsewu Drs.H.Heri Iswahyudi, M.Ag. beserta jajaran pemerintah daerah, forkopimda, MUI, beserta para tokoh agama ini menyatakan BAZNAS bukanlah ormas atau LSM, melainkan lembaga pemerintah non-struktural.

Iskandar juga menyampaikan 3 hal terkait BAZNAS, yaitu Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI. "Saya berharap semoga BAZNAS Kabupaten Pringsewu dapat bersinergi dengan stakeholders," harapnya.

Sedangkan Ketua BAZNAS Kabupaten Pringsewu Dr.Ir.H.Mahri Ibrahim, M.Pd. mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk mengemban amanah sebagai pimpinan BAZNAS. Pihaknya juga membutuhkan dukungan dari semua pihak, serta terbuka menerima kritik, saran dan masukan untuk kebaikan bersama. (*/ Isnanto Hapsara, S.Kom./Diskominfo Pringsewu)



Post Terkait





Kategori