UMKM di Pringsewu Naik Kelas

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
03 Februari 2022
428 Kali Dilihat


GADINGREJO - Salah satu dampak yang timbul akibat pandemi Covid-19 adalah perlambatan ekonomi secara global yang berdampak paling signifikan pada masyarakat khususnya pelaku ekonomi menengah kebawah.

Sehingganya, berbagai program dan bantuan sosial digulirkan, sebagai upaya untuk mendorong percepatan perbaikan sektor ekonomi dan perdagangan. Diantaranya dengan pemanfaatan media pemasaran secara online. Dimana salah satu aplikasi yang saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah, yaitu Pasar Digital UMKM atau disingkat PaDi UMKM.

Oleh karena itu, Bupati Pringsewu Sujadi pada acara pembekalan UMKM naik kelas sekaligus sosialisasi PaDi UMKM yang diikuti para pelaku UMKM Bumi Jejama Secancanan di Hotel Regency Gadingrejo, Kamis (03/02/22), menyambut baik adanya aplikasi tersebut.

Menurut bupati yang juga didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Masykur Hasan dan anggota DPRD Maulana Lahudin serta General Manager PT. Telkom Lampung Susila SB Paska dan Kadis Koperindag Bambang Suhermanu, PaDi UMKM ini dirancang sebagai aplikasi Pasar Digital untuk UMKM yang akan menjembatani transaksi antara penjual yang dalam hal ini adalah para pelaku UMKM dan pembeli, yang sebagian besar berasal dari BUMN.

Sebagai marketplace yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN yang bersinergi dengan seluruh BUMN di Indonesia dan PT.Telkom sebagai pengelola aplikasinya, lanjut bupati, tentunya Pemkab Pringsewu sangat mendukung pemanfaatan aplikasi berbasis online ini, dan diharapkan selain memberikan kemudahan pemasaran juga dapat mempersingkat waktu serta memperluas jangkauan pemasaran. "Yang paling penting adalah mengurangi potensi kerumunan ketika proses jual-beli berlangsung. Serta yang pasti akan membuat UMKM naik kelas. Terlebih, Pringsewu merupakan kabupaten pertama di Provinsi Lampung dalam pelaksanaan pasar digital ini, sehingga diharapkan masyarakat dapat menguasai pasar digital, khusunya di Provinsi Lampung", harapnya.

Ia juga meyakini apabila dikelola dengan baik, akan mampu memulihkan dan bahkan meningkatkan roda perekonomian di Kabupaten Pringsewu. (*/Isnanto Hapsara)



Post Terkait





Kategori