WABUP PRINGSEWU IKUTI SEMINAR INTERNASIONAL Integrated Agrarian, Land & Spatial Planning Policies for Sustainable Development

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
19 September 2019
196 Kali Dilihat


YOGYAKARTA - Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A. menghadiri Seminar Internasional bertema 'Integrated Agrarian, Land & Spatial Planning Policies for Sustainable Development' di pendopo kampus STPN Yogyakarta, Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis (19/9/19). Seminar ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang BPN RI. Turut mendampingi wabup, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Johndrawadi, S.E., M.M., Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pringsewu Hipni, S.E. dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Heriyadi Indera.

Wabup Pringsewu berharap setelah mengikuti seminar ini, selanjutnya ada kerjasama yang sinergis diantara Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Pringsewu dengan BPN melalui Kantor Pertanahan, terutama dalam membantu di bidang tata ruang, pengadaan lahan dan pembangunan berkelanjutan, disamping masalah penentuan batas wilayah, penetapan hukum serta peningkatan pendapatan daerah. "Terlebih, masalah pertanahan dan tata ruang di daerah saat ini semakin kompleks," katanya.

Sementara itu, beberapa hal yang menonjol di seminar tersebut, diantaranya adalah masalah pengelolaan lahan multi-sektor tanah adat, tanah ulayat dan masyarakat adat dan posisinya dalam hukum pertanahan. Kemudian sinkronisasi peraturan hukum agraria, masalah sengketa lahan, antara strategi, solusi dan mediasi konflik, serta masalah pembebasan lahan dan pembangunan berkelanjutan.

Juga terkait kebijakan satu peta berbasis paket tentang administrasi pertanahan, perencanaan tata ruang, dan pengembangan, pemetaan partisipatif tentang administrasi dan manajemen pertanahan,  serta inisiatif Kota Cerdas dan pemerintahan yang baik dan benar untuk pembangunan berkelanjutan. (*/ Humas & Protokol Pemkab Pringsewu / Isnanto Hapsara, A.Md./hyn)



Post Terkait

SELAMAT & SUKSES..
20 Oktober 2019




Kategori