WABUP PRINGSEWU VIDEO CONFERENCE DENGAN SELURUH CAMAT TERKAIT COVID-19 DAN DBD

Diterbitkan oleh Kabupaten Pringsewu
30 Maret 2020
175 Kali Dilihat


PRINGSEWU - Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE., M.Kom., Akt., CA., CMA., melakukan Video Conference dengan 9 (sembilan) camat se-Kabupaten Pringsewu, dalam rangka memberikan arahan sekaligus untuk mengetahui situasi dan kondisi terkini di masing-masing kecamatan, terkait wabah Virus Corona (Covid-19) dan Demam Berdarah Dengue (DBD). Video Conference berlangsung di Rumah Dinas Wabup Pringsewu, di Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, Senin (30/03/2020).

Wakil Bupati Pringsewu melakukan Video Conference didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Andi Wijaya, ST., MM., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Johndrawadi, SE., MM., Asisten Administrasi Umum Hasan Basri, SE., MM., Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Relawan, SE., Kadis Kesehatan H.Purhadi, M.Kes., dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Pringsewu Moudy Ary Nazolla, S.STP., MH.

Sedangkan para camat, yaitu Camat Pringsewu Drs.Nang Abidin Hasan, Camat Pardasuka Dra.Titik Puji Lestari, Camat Pagelaran Bahruddin, S.IP., Camat Pagelaran Utara Rohadan, SE., Camat Sukoharjo Drs. Ediyanto, Camat Adiluwih Gandung Hartadi, S.Pd., MM., Camat Banyumas Hartoyo, S.Pd., MM., Camat Ambarawa Sutikno, SE., dan Camat Gadingrejo Yuli Susapto, SE., MM., berada di kantor masing-masing didampingi sekretaris kecamatan setempat. 

Wabup Pringsewu dalam arahannya, meminta masing-masing camat agar terus memantau kondisi di wilayahnya termasuk tempat-tempat pusat keramaian, seperti pasar, industri dan tempat pendidikan untuk mengurangi aktivitasnya. Dan juga memantau kedatangan warganya yang berasal dari luar kota, terutama yang memiliki riwayat perjalanan ke daerah endemi virus covid-19.

Wabup Pringsewu juga mengatakan, bahwa dalam waktu dekat akan diadakan kegiatan donor darah dalam rangka antisipasi kekurangan darah akibat merebaknya DBD dan Covid-19, dimana untuk yang perdana akan digelar pada hari Rabu di Polres Pringsewu dengan peserta berasal dari kepolisian, TNI, dan guru di Kecamatan Pringsewu, dan selanjutnya akan dilaksanakan secara bergilir di setiap kecamatan. Oleh karena itu, ia meminta para camat agar dapat menyiapkannya dengan baik, yakni setiap RT di setiap pekon dapat mengirimkan minimal satu pendonor, dan satu sekolah dua pendonor, didata sesuai nama dan tempat tinggal, berikut golongan darahnya.

Sejumlah camat juga menyampaikan laporannya, diantaranya Camat Pagelaran yang menyampaikan ada sekitar 400 pendatang yang masuk wilayahnya, namun mereka sudah mengisolasi secara mandiri di rumah masing-masing. Camat Banyumas melaporkan di wilayahnya terdapat sedikitnya 173 orang yang datang dari luar daerah serta 11 orang dari luar negeri, dan mereka juga telah mengisolasi diri dan dalam pantauan. Camat Gadingrejo melaporkan ada 169 kasus DBD dengan jumlah penderita terbanyak berada di Pekon Tulungagung. Untuk jumlah pendatang dari luar daerah ada 480 orang dan 16 orang dari luar negeri. Camat Pardasuka melaporkan jumlah pendatang ada sebanyak 251 orang, dan 29 diantaranya berasal dari luar negeri, sementara untuk DBD ada 78 kasus. Sedangkan Camat Pringsewu mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan Kepolisian Sektor Pringsewu Kota, Koramil dan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Pringsewu melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah kelurahan dan kawasan pasar. (Kmf)



Post Terkait





Kategori