Pringsewu Kabupaten ODF Pertama di Sumatera

PRINGSEWU – Kabupaten Pringsewu sebagai Kabupaten ODF (Open Defecation Free) atau bebas buang air besar sembarangan dideklarasikan. Pendeklarasian oleh Bupati Kabupaten Pringsewu Hi.Sujadi di lapangan perkantoran Pemkab Pringsewu, Jumat (29/12) telah menempatkan Pringsewu sebagai kabupaten ODF pertama, bukan hanya di Provinsi Lampung, namun juga yang pertama di Pulau Sumatera.

Menurut Bupati Kabupaten Pringsewu Hi.Sujadi, dengan telah berhasil dideklarasikannya Kabupaten Pringsewu sebagai Kabupaten ODF, yang sebelumnya didahului dengan pendeklarasian seluruh pekon di seluruh kecamatan se Kabupaten Pringsewu sebagai Desa ODF, kemudian berlanjut dengan deklarasi Kecamatan ODF di seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Pringsewu, diharapkan Pringsewu sebagai Kabupaten Sehat dapat segera terwujud.

“Keberhasilan Pringsewu sebagai Kabupaten ODF tentunya merupakan hasil kerja keras sekaligus kerjasama yang sinergis semua pihak,” kata Hi.Sujadi didampingi Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A Fauzi.

Terlebih, kata Sujadi, sanitasi ini tak lagi menjadi tugas pemerintah semata, tetapi juga menjadi tanggungjawab semua pihak dan semua elemen masyarakat, tanggung jawab bersama.

Bupati Pringsewu berharap kekompakan dan kerjasama yang saling sinergis tersebut dapat terus ditingkatkan, termasuk dalam upaya menuju Kabupaten Pringsewu sebagai Kabupaten Sehat.

Pendeklarasian Kabupaten Pringsewu ODF tersebut juga dihadiri jajaran pemerintah kabupaten, muspida, tim fasilitator, SNV, serta stakeholders. (© Humas Pemerintah Kabupaten Pringsewu / Isnanto Hapsara / Atok)

Leave a Reply